Rabu, 10 Maret 2010

How To Make Ipod makin sip


Jaman begini siapa sih yang gak tau Ipod? Benda kecil berkemampuan menyimpan banyak lagu ini sukses jadi produk elektronik yang paling populer di era 2000. Nah asal tau aja nih, Ipod yang udah kita punya bisa dibikin jadi lebih asik lagi. Caranya ada berbagai macem, mulai dari cara memaksimalkannya serta melakukan perawatan dengan seksama. Nah cara yang akan gw jabarin dibawah ini sukses bikin abang gw nyengir, penasaran? cekidot aja dahh :D


1. Ganti Ear Phone

Sebagai sebuah player tentu disetiap kemasan Ipod yang masih bersegel disertakan pula dengan earphonenya juga (ya iyalah!!), mungkin kita yang awam soal audio bakal beranggapan ear phone yang udah disertakan tadi udah dijamin bagus. Kalo bener begitu, siap-siap aja kecewa jack!

Menurut pengakuan sejumlah temen yang paham soal audio, ear phone yang ada didalam kemasan Ipod enggak terlalu bagus kualitasnya. Mungkin nggak terlalu ketara lantaran ketutup sama kualitas player yang ada pada ipod. Tapi perbedaan pasti akan kerasa kalo ear phone tadi diganti dengan yang kualitasnya lebih bagus.

Seperti apa ear phone yang berkualitas baik? hehe sebenernya juga susah buat gw jelasin. Buat sementara ini percayakan aja dulu pada beberapa merk produk audio yang ngetop. Diantaranya adalah Sony, Beyerdynamic, Sennheiser, atau Shure.

2. Cek Bit Rate
Bit rate ada hubungannya sama asik atau enggaknya lagu yang diputar dari Ipos. Mungkin seringkali urusan yang satu ini nggak terlalu diperdulikana. Bit rate adalah satuan ukur kecepatan sinyal audio (kbps). Ukuran ini kemungkinan akan berubah saat mengubah lagu dari format CD ke format MP3 buat disimpan kedalam memori Ipod. Ujungnya, kualitas lagu rada berkurang.
Nah, supaya kualitas lagunya tetep terjaga, usahakan bit rate file lagu yang masuk ke dalam Ipod sesuai dengan bit rate lagu di CD. Software rip buat format Mp3 rata-rata memsang bit rate di 96 kbps. Sedangkan bit rate format CD rata-rata [ada 128 kbps. Selisih yang lumayan ini tentu aja bikin kualitas berkurang.

3. Siapin Back Up
Mengingat banyaknya jumlah lagu yang bisa disimpan didalam memori ipod, udah seharusnya kita enggak lengah menjaganya. Pasalntya kalo data-data ini hilang, bakal susah banget dah makan waktu yang lama buat ngumpulinnya lagi.

Buat mengantisipasi hal ini, ada baiknya setiap pengguna Ipod menyiapkanb back up dari dari data-data lagu yang ada didalam Ipod. Back up ini bisa disimpan dalam hard disk komputer atau laptop. Biar lebih mantap lagi, burn aja semu koleksi lagu-lagu kedalam CD.



4. Pasang Pelindung
Ipod udah dianggap sebagai salah satu fashion statement. Maka udah sepatutnya tampilan Ipod dibikin bergaya. Setidaknya sebanding dengan pengguna Ipod yang keren (kayak gw gitu deh Hahaayyy)..
Nggak susah kok buat menggayakan Ipod. Sekarang ini berbagai jenis casing dengan desain yang keren-keren udah banyak dipasaran. Berbagai jenis warna dan corak juga udah mulai banyak, tinggal dipilih deh sesuai dengan karakteristik loe.
Tapi asal tau aja, casing ini simaksudkan sebagai pelindung. Dengan ukuran bodi yang kecil serta ramping, Ipod pasti jadi makin kece vuat dibawa kemana-mana. Ada kemungkinan pengguna ceroboh saat Ipod sering berpindah-pindah tempat (dari dalam saku ke tas misalnya), resikonya bodi dan layar jadi lecet so pandangan jadi gak enak dilihat. Gw saranin sih buat pake pelindung yang anti air, biar sekalian melindungi tapi juga gaya.

5. Baca manualnya
Ipod gak cuma sekedar palyer aja. Nggak cuma sekedar ada tombol play, skip, serta stop aja. Kalo kita mau rajin ngulik Ipod, banyak banget fitur lain yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan penggunaannya.
Makanya, kalo loe udah puny Ipod buat baca buku manualnya yang rajin dan teliti. Gak ada ruginya kita repot-repot buang waktu untuk membaca petunjuk manualnya, coz didalamnya ada banyak fitur kren yang bisa kita aplikasikan ke dalam ipod keren kita. Salah satunya adalah fitur equalizer, fitur ini berguna banget buat memaksimalkan kualitas audio dan lagu-lagu yang diputar. Selain itu kita bisa mendapatkan petunjuk berbagai cara buat mengatasi permasalahan jika suatu saat Ipod kita ngadat. hehe..

HAI/TH XXIX NO.51/05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar