Rabu, 28 April 2010

Kebenaran Mengenai Kopi



Banyak orang mengatakan kalau kopi dapat menghambat kerja otak & meyebabkan kencing manis.
Benarkah seperti itu?


Memang benar, tidak ada seorangpun yang bisa menolak aroma kopi dipagi hari.
Mungkin anda sering membaca/mendengar isu-isu seputar kopi, tapi pertanyaannya apakah kopi menguntungkan untuk tubuh atau mungin malah sebaliknya??

Pada The Early Show Monday, Dr. Holly Phillips dari CBS stasiun TEVE WCBS di New York bicarakan secara tuntas beberapa isu & fakta dari minuman yang sangat populer disegala penjuru bangsa ini.


Apakah KOpi Berguna Bagi Anda?
Sebagian kecil memang kopi berguna bagi kita karena kandungan kafeinnya yang dapat membuat kita rileks dan terjaga. Tapi fakta membuktikan kalau kopi ternyata dapat menyebabkan kencing manis dan penyakit lain yang disebut Parkinson. Tetapi kopi dapat bermanfaat dengan maksimal jika digunakan dalam dosis yang tepat.


Bolehkah Anak-anak meminum kopi?
Sebenarnya tidak boleh, tetapi untuk membatasi kandungan kafein kedalam tubuh mereka biasanya digantikan dengan cokelat, & soda. Kabar lain mengatakan bahwa asupan kafein yang berlebihan dapat menjadikan seorang anak menjadi hiperaktif & susah diatur. maka dari itu asupan kafein yang masuk kedalam tubuh mereka pun harus benar-benar dikontrol.


Kopi Bisa Membuat Kita Dehidrasi, benar atau salah?
Ini tergantung pada dosis yang kita pakai. Terkadang, orang meminum kopi untuk melancarkan urine, tapi sebagian ada yang mengkonsumsinya sebagai Hobby. Sebagai obat pelancar urine, biasanya berdosis diatas 575 milligram & tidak boleh melebihi dosis tersebut.


Lalu, Berapa Dosis yang aman?
575 milligram sama dengan 1/3 (sepertiga) cangkir kopi, tapi pada prakteknya, kebnayakan orang malah meminum kopi dalam cangkir yang besar. Sehingga dosisnya melebihi 575 Miligram. Efek sampingnya pada tubuh, kita jadi lebih sering mengeluarkan urine (maaf, air kencing) bahkan buang air besar.


KOPI MENINGKAT HIPERTENSI. BENAR ATAU SALAH?
Kopi meningkat tekanan darahmu, tapi hanyalah untuk beberapa menit. Sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk mengkonsumsi kopi jika sedang merasa tertekan atau ingin bekerja malam, tapi tetap harus ingat dosis yang sudah ditetapkan, yaitu 575 Miligram atau setara dengan 1/3 gelas takaran 500 mili.


Kopi Dapat menurunkan berat badan. Benar atau salah?
Aku akui itu benar, karena kafein mempercepat metabolisme anda tetapi hanya sebentar. Entah kenapa orang yang lebih sering mengopi lebih kurus dibandingkan orang yang tidak terlalu banyak mengkonsumsinya. Tapi ini bukan berarti kopi merupakan media yang baik untuk berdiet.


Apakah kopi mempercepat pengeroposan tulang?
Masih kontroversial, apakah benar atau tidaknya. Tapi sudah banyak pembahasan yang menyatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi kopi & minum-minuman keras memiliki struktur tulang yang lebi rapuh dibandingkan dengan orang-orang normal.

Sangat disarankan (terutama) pada perempuan, jika anda ingin mengkonsumsi kopi pastikan anda mencampurnya dengan susu atau lebih sering meminum air putih untuk menetralkan kadar kafein yang berlebihan didalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar