Jumat, 09 April 2010

Sikap Fanatisme dan Toleransi





“Bagaimana kalau saya bersikap fanatik terhadap toleransi? Dan bagaimana bila saya bersikap toleran terhadap fanatisme?”

Apa itu fanatisme? Apa itu toleransi? Keduanya sama-sama sebuah sikap yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, namun kedua sikap ini sering menjadi bahan perdebatan, manakah yang paling baik untuk dilakukan, terutama dalam kehidupan antar umat beragama. Banyak pandangan berbeda-beda mengenai sikap fanatik dan toleran dalam kehidupan umat beragama, ada yang menganggap sikap fanatik itu lebih buruk dibandingkan toleran, namun ada pula yang menganggap bahwa sikap fanatik itu tidak salah atau sama bagusnya dengan sikap toleran. Namun benarkah salah satu pernyataan tersebut? Bagaimana realisasinya dalam permasalahan sosial yang tengah terjadi selama ini, khususnya di negara Indonesia?

Apa itu fanatisme?

Dalam kamus besar Indonesia, fanatisme diartikan sebagai keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dsb). Fanatisme sebenarnya tidak buruk juga, asal tepat pada sasaran atau tergantung konteksnya; sikap fanatik pada kehidupan umat beragama sah-sah saja atau baik bila sikap itu hanya untuk dirinya sendiri tanpa merugikan orang lain, contoh: Saya percaya berTUHAN itu tidak perlu beragama dan saya tidak memaksakan mereka harus ikut dengan cara berpikirku, apakah (sebenarnya) ada yang merasa rugi? Mungkin saja para pendeta atau jemaat merasa rugi karena pendapatan atau jumlah orang mereka berkurang.

Lalu apakah sikap fanatisme itu merugikan? Bisa ya, bisa tidak, tergantung dari konteksnya, apakah ketika saya mengkritik sebuah agama itu merugikan, sedangkan saya sendiri juga membebaskan mereka untuk mengkritik saya (hanya sekedar mengkritik, tidak sampai membakar rumah ibadah)? Memang sebuah kritikan bisa memicu sebuah konflik, namun itu seharusnya bisa diatasi dengan sikap toleran terhadap fanatisme orang lain. Fanatisme hanya bisa diimbangi dengan adanya toleransi, bukan fanatisme juga.

Apa itu toleransi?

Toleransi adalah sifat atau sikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dsb) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Sikap toleran pada kehidupan umat beragama sangat diperlukan untuk tetap menjaga terjalinnya sebuah hubungan baik dan kerukunan antar umat beragama; toleransi yang berlebihan juga tidak baik, toleransi juga harus memiliki batasan. Toleransi yang tidak memiliki batasan, bisa memperburuk keadaan, contoh: Ketika kehidupan umat beragama sedang kacau, yang dimana terjadi banyak intimidasi terhadap salah satu agama atau pembakaran rumah-rumah ibadah, apakah hal-hal semacam ini masih bisa diberikan toleransi terus-menerus? Dimanakah hukum-hukum negara yang (KATANYA) melindungi kebebasan individu untuk hidup beragama tanpa adanya ancaman?

Fanatisme dan toleransi terbentuk

Pembentukan sikap fanatisme dan toleransi setiap individu tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti adanya pengalaman pribadi yang meninggalkan kesan kuat dan mungkin melibatkan emosional manusia, faktor kebudayaan dimana individu tersebut berkembang juga sangat mempengaruhi pembentukan kedua sikap ini. Umumnya individu tersebut juga akan menentukan sikap yang sama dengan orang-orang yang dianggap penting, contohnya orangtua, saudara, pacar, suami/istri, teman dekat, atau pemimpinnya.

Kesimpulannya?

Fanatisme dan toleransi bukanlah dua hal yang bisa dipisahkan, keduanya saling melengkapi dan berjalan beriringan, agar hidup ini dapat seimbang.

By. Evan Adiananta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar