Jumat, 09 April 2010

Resep Awet Muda




Tidak ada seorangpun yag ingin mati muda, hidup memang tidak abadi, kita pasti meninggal, meninggalkan semua yang kita cintai, keluuarga, sahabat, kesenangan kita, dll, dsb.


Tetapi, bagaimana jika, kita dapat bertahan hidup lebih lama sedikit saja…, menjadi kakek atau nenek yang mengawasi cucu. Dan menceritakan kepada mereka, bahwa ketika muda, kita pernah menjadi seorang pemuda yang konyol, menceritakan pengalaman-pengalaman yang lucu, menceritakan pengalaman-pengalaman yang dapat menginspirasi. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bukan?

Bagaimana resepnya?

1. Olahraga

Hayo, siapa yang masih malas olahraga? Ternyata ini penting lho bagi kebugaran fisik kita.
Sesibuk apapun anda, sempatkan untuk berolahraga.

2. Makan teratur

Untuk anak kos, tips ini rasanya begitu sulit…Makan teratur…? Gak salah…? Walaupun sepele, ternyata ini jadi salah satunya resep awet muda. Tentunya tidak asal makan, pola makan yang seimbang pastinya. Dan pembaca saya kira sudah tahu bagaimana makan seimbang itu. Yang perlu diingat. Makan teraturnya, jangan sampai terlambat makan.

3. Minum air putih setelah bangun tidur

Dua gelas air putih bagus untuk sistem tubuh. Saya bukan seorang dokter, dukun juga bukan. Bukan wewnang saya untuk menjelaskan secara ilmiah mengenai air putih ini, sebenarnya bukan air putih sih…kalau air putih itu bisa susu putih…minum air matang tepatnya, yang sudah dimasak, dan warnanya bening serta tak berbau.

4. Enjoykan pikiran

Tubuh kita ini kan tidak terdiri dari komponen fisik saja ya? Ada isinya, jiwa, pikiran, dan perasaan. Jadi, jangan hobi stress! Santai saja, yang penting kerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Lha misalnya kalau tetap stress. Ketemu dengan sahabat, orang lain, ataupun siapa aja deh, yang itu bisa meredakan tingkat stress. Kalau mau awet hidup…

5. Puasa

Nah, ternyata puasa itu pentting juga lhoh! Bagi pembaca yang beragama Islam, puasa tidak harus pas Ramadhan bukan, ada puasa senin-kamis, ada puasa dawud, Pun juga bagi umat kristiani, ada puasa menjelang paskah juga, bagi umat hindu juga ada puasa emnjelang nyepi, dll, dsb.

Apa manfaatnya puasa? Ternyata, salah satunya bisa meredam nafsu-nafsu yang enggak baik.
Misalnya, kita mauu maraah ni, sama orang. Kemudian ingat…Oooo iya ya, saya baru puasa. Puasa kan nggak boleh marah, dan missal-misal yang lain…

Resep ini diolah dari sekian banyak wawancara dengan orang-orang lansia yang masih sehat. Usia mereka rata-rata diatas 63’an tahun dan masih sering mobile ke lua kota.
Bagaimana? Anda mau mencobanya?
Semoga bermanfaat.

Salam hangat, sahabat pena


Tidak ada komentar:

Posting Komentar